Sunday 5 October 2014

Langkah Dasar dan Cara Merawat Kulit Wajah Bersama rangkaian the Body Shop Vitamin E dan Etude House

Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah adalah idaman setiap wanita. Karena dengan kulit wajah yang sehat dan cerah, kecantikan alami akan memancar  dengan sendirinya dari diri kita. Menurutku, kulit sehat dan cerah itu tidak selalu putih, yang penting kulit bersih dan sehat.

Karena suka nonton drama-drama korea, aku menjadi terinspirasi untuk memiliki kulit seperti wanita korea. Ternyata merawat kulit baik wajah maupun tubuh adalah prioritas utama dalam menjaga kecantikannya. Perempuan korea rela menghabiskan waktu lebih lama  untuk membersihkan wajah dan disiplin dalam melakukan perawatan untuk mendapatkan kulit halus dan mulus. Jadi untuk mendapatkan kulit cerah, halus, mulus, dan sehat tidak selalu harus mahal, kuncinya hanya disiplin dan telaten dalam melakukan perawatan wajah. 

1. Kenali jenis kulit
Hal pertama yang kita lakukan untuk melakukan perawatan kulit wajah adalah kenali jenis kulit. Hal ini sangat penting karena biasanya produk perwatan biasanya tersedia dalam berbagai jenis kulit. Kita harus mengetahui jenis kulit kita sendiri, jika salah dalam memilih produk perawatan yang tidak sesuai dengan kulit maka yang ada malah masalah yang timbul seperti, jerawat, iritasi, panas, gatal, dan lain-lain. Untuk itu, mengenali jenis kulit kita sendiri adalah salah satu hal penting dalam hal memilih produk perawatan wajah. 

2. Bersihkan kulit dengan cara double Cleansing

Membersihkan wajah merupakan langkah awal dari kulit wajah yang sehat. Ternyata wanita korea selalu melakukana metode ini untuk mendapatkan kulit sehat mereka. Setelah seharian wajah kita tertutupi oleh produk make up, tentunya hanya mencuci dengan sabun muka saja tidak akan cukup mengangkat sisa-sisa dari produk make up. Untuk itu aku menggunakan The body shop VITAMIN E CREAM CLEANSER. 




The body shop VITAMIN E CREAM CLEANSER ini merupakan krim pembersih yang melembutkan kulit. Dengan kandungan anti oksidan, Vitamin E dan jojoba oil membantu mengangkat sisa kotoran yang melekat pada wajah, menjadikan kulit wajah bersih dan ssegar. Usapkan secara merata pada wajah sambil dipijat dengan lembut. Kemudian bersihkan dengan kapas. Krim pembersih ini cocok untuk semua kulit.

3. Mencuci Wajah. 

Mencuci wajah adalah bagian dari double cleansing. Jika dengan krim pembersih kotoran di permukaan terangkat, maka sabun cuci muka membersihkan kotoran sampai ke pori-pori. Untuk sabun cuci muka, aku menggunakan VITAMIN E GENTLE FACIAL WASH. 


VITAMIN E GENTLE FACIAL WASH ini jenisnya lebih ke sabun pembersih muka dengan jenis krim yang mengandung sedikit sabun dan banyak pelembab.
 Tekstur yang lembut membantu membersihkan dan mengangkat kotoran yang melekat pada kulit wajah. Dengan kandungan Vitamin E sebagai anti oksidan dan wheat germ oil agar kulit terasa halus, lembut dan tidak kering. VITAMIN E GENTLE FACIAL WASH ini sesuai untuk semua jenis kulit.

3. Penyegar atau Toner

Tujuan dari pemakaian penyegar atau toner ini adalah mengembalikan kadar pH pada kulit. Tahapan pemakaian toner ini memastikan sisa dari pembersih atau kotoran yang tersisa benar-benar terangkat sempurna. Toner ini juga berfungsi membuat kulit wajah segar dan lembab sehingga bisa membantu produk produk selanjutnya gampang menyerap ke kulit.  Untuk toner, aku memakai VITAMIN E HYDRATING TONER.


VITAMIN E HYDRATING TONER ini free alkohol yang mengandung vitamin E sebagai anti oksidan yang membantu melindungi dan merawat kulit dan toner ini sesuai untuk semua jenis kulit. 

4. Lakukan tahapan Mosturising (Mengaplikasikan Krim Pelembab)

Serum atau essence

Setelah melakukan serangkaian tahapan untuk membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah tahapan mosturising atau membuat kulit wajah kita lembab dan sehat. 
Hal pertama yang dilakukan dalam tahapan mosturising ini adalah mengaplikasikan serum atau essence. Untuk tahapan ini  aku memakai Etude House Moistfull Collagen Essence  yang sudah pernah aku review. Sebelumnya untuk essence atau serum ini, aku memakai VITAMIN E MOISTURE SERUM. 

Serum ini mempunyai kandungan zat aktif yang lebih tinggi dari pada pelembab, yang bekerja langsung untuk mengatasi masalah kulit seperti dehidrasi, noda-noda hitam dan penuaan dini. Serum ini bekerja pada lapisan dalam kulit sedangkan pelembab bekerja pada lapisan luar. Serum ini fungsinya sangat penting karena bekerja pada lapisan dalam kulit dalam dimana sebagian besar masalah kulit yang terlihat di luar justru harus disembuhkan dari dalam. Sebenarnya Serum dan Essence adalah sama, biasanya ada merek yang mengeluarkan nama essence atau serum. Kenapa aku melanjutkan memakai Etude House Moistfull Collagen Essence, itu karena aku pengen nyoba merek yang lain. Kali ini aku mencoba produk skincare essence dari korea.

Pelembab

Tahap selanjutnya dalam proses mosturizing adalah degan mengaplikasikan pelembab pada wajah. Kenapa pelembab ini dilakukan lagi padahal sudah mengaplikasikan serum. Seperti yang aku jelaskan diatas kalo pelembab ini bekerja pada lapisan kulit bagian luar, sehingga pelembab ini berfungsi mengunci kelembaban kulit.  Untuk saat untuk saat ini aku menggunakan Etude House Moistfull White Emulsion yang sudah pernah aku review juga. Sebelumnya untuk pelembab, aku memakai seri vitamin E dari the body shop yaitu VITAMIN E ILLUMINATING MOISTURE CREAM. 

Kenapa aku juga tidak meneruskan pelembab ini, karena aku pengen mencoba produk pelembab lain, kali ini aku mau coba pelembab  Etude House Moistfull White Emulsion.


Cream Malam

Nah untuk perawatan wajah saat malam hari sama dengan diatas, namun ditambahkan dengan cream malam karena malam hari adalah saat terbaik untuk kulit melakukan regenerasi sehingga kulit tampak sehat dan bercahaya saat bangun pagi. Untuk cream malam, aku memakai VITAMIN E NOURISHING NIGHT CREAM. 

VITAMIN E NOURISHING NIGHT CREAM ini teksturnya sangat creamy dan tidak lengket diwajah serta mudah menyerap. Night cream ini membuat kulit muka sangat lembab dan wanginya lembut.


Tentunya serangkaian perawatan wajah di atas harus diimbangi dengan perbanyak minum air putih, asupan makanan yang menunjang keindahan kulit  dan tidur yang cukup.. 

1 comment: